Selamat Datang di Sistem Informasi Desa Langonsari -- selengkapnya... Tetap Jaga diri, Keluarga anda dan Orang Lain dari Penularan Covid-19 dengan menerapkan 5M: 1) Memakai Masker - 2) Mencuci Tangan - 3) Menjaga Jarak - 4) Menjauhi Kerumunan - 5) Membatasi Mobilitas. -- selengkapnya...

Artikel

Fogging di wilayah Desa Langonsari

12 Desember 2021 13:42:32  DIANA HAMALNA PAUZIAH  57 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pada hari Mingu pagi tanggal 12 Desember 2021 dilaksanakan fogging di lingkungan Desa Langonsari dari petugas Kesehatan yang didampingi oleh Kepala Desa Langonsari, Babinsa, Kepala dusun Serta ketua RW di wilayah masing-masing.

Ketika ada wabah seperti deman berdarah dengue di suatu daerah, salah satu langkah yang diambil adalah melakukan fogging. Fogging adalah menyemprotkan pestisida atau insektisida kimia dalam bentuk aerosol. Umumnya, pestisida yang digunakan adalah pyrethroids

Hal yang lebih berperan dalam menurunnya epidemi di suatu wilayah adalah kekebalan tubuh populasinya. Ketika jumlah kasus infeksi baru lebih sedikit dibandingkan dengan kasus sembuh, itulah kondisi efektif untuk menurunkan angka kasus infeksi DBD.

Meski demikian, fogging adalah metode yang sah dilakukan dengan metode yang tepat seperti:

  • Waktu terbaik melakukan fogging adalah pagi hari atau sore menjelang malam. Saat siang hari, nyamuk cenderung bersembunyi di area teduh.
  • Fogging di luar ruangan hanya akan efektif jika bahan kimia yang disemprotkan benar-benar menyentuh nyamuk langsung.
  • Semprotkan fogging saat temperatur lebih rendah sehingga aerosol akan lebih cepat turun ke tanah.
  • Pilih waktu fogging saat tidak banyak angin. Ketika banyak angin, hanya sedikit partikel kimia yang ada di area tertentu dan belum tentu efektif mengusir nyamuk.
  • Fogging saat pagi dan sore akan mengurangi dampak bahaya terhadap serangga lain yang justru memangsa nyamuk.

Perlu dipertimbangkan juga meski fogging adalah metode yang bertujuan untuk mengurangi populasi nyamuk, bahan kimia dari fogging juga bisa membunuh serangga seperti lebah dan kupu-kupu. Jika fogging dilakukan terlalu sering  belum tentu efektif, maka bisa terjadi ketidakseimbangan ekologi dan mengancam keragaman makhluk hidup di sekitar. Apalagi fogging hanya akan membunuh populasi nyamuk dewasa dan tidak membasmi larva yang berkembang di permukaan air.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Agenda

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Bandung
Kecamatan Pameungpeuk
Dirjen Dukcapil (Layanan Mandiri) Dirjen Dukcapil (Layanan Mandiri Terpusat)
E-PBB Kab. Bandung
Cek Bansos

Wilayah Desa

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:158
    Kemarin:981
    Total Pengunjung:118.914
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:10.87.0.172
    Browser:Tidak ditemukan